Kelompok Tani Binaan PLN UIP Nusra Raup Keuntungan Hingga Jutaan Rupiah dari Hasil Penjualan Sayur

Kelompok Tani binaan PLN UIP Nusra meraup keuntungan hingga jutaan rupiah dari hasil penjualan sayur. Foto (Istimewa)

Ruteng, Tagarnews.com –Petani sayur yang tergabung dalam Kelompok Tani Banera Ndajang, Desa Lungar, Kabupaten Manggarai NTT meraup cuan hingga jutaan rupiah dari hasil jualan sayur.

Kelompok Tani binaan Srikandi PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) tersebut sukses mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif yang bisa ditanam berbagai jenis sayuran.

“Kami sangat senang karena hari ini kami bisa melaksanakan panen sayur jenis Vanbox dan Caisim. Semuanya ini tidak terlepas dari bantuan PLN UIP Nusra yang telah memberikan kami pengetahuan dalam membudidayakan tanaman hortikultura in ,” ungkap Jesman saat panen sayur jenis Caisim dan Vanbox (Sawi Putih) di Desa Lungar, Kabupaten Manggarai pada Kamis (23/11/2023) siang.

Jesman menjelaskan, Banera Ndajang merupakan salah satu dari sekian banyak kelompok tani yang sukses membudidayakan sayur di bawah binaan Srikandi PLN UIP Nusra melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Desa Berdaya.

Jesman mengatakan, kelompok tani Banera Ndajang telah melakukan panen sayur sebanyak empat kali sejak program tersebut dijalankan. Hasil penjualanya pun sudah mencapai 8 juta rupiah.

“Tentunya kami sangat bangga karena sayur-sayuran yang dihasikan oleh kelompok tani Banera Ndajang memiliki kualitas yang sangat bagus dan bisa bersaing di pasar lokal. Ini memacu kami untuk terus berusaha sehingga kehidupan ekonomi kami bisa terbantu oleh hasil penjualan sayur ini,” tambahnya.

Sementara itu, Senior Manajer Keuangan, Anggaran dan Umum PLN UIP Nusra, mengatakan TJSL Desa Berdaya merupakan salah satu program dari PLN UIP Nusra yang menyasar kelompok rentan yakni perempuan untuk meningkatkan perekonomian melalauo bantuan hortikultura.

Uky Hapsari yang juga Koordinator Srikandi Bali Nusra itu berharap dengan adanya program ini bisa membantu perekonomian masyarakat khususnya para petani hortilultura yang ada di Desa Lungar, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai.

” Panen hari ini sangat luar biasa karena lahan yang dulunya tidak dimanfatkan kini bisa menjadi lahan produktif. Dengan adanya program ini bisa memberikan nilai tambah untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Pos terkait