Pelantikan PPK: Bupati Manggarai Serukan Netralitas dan Efektivitas Pilkada 2024

Bupati Herybertus Nabit menghadiri pelantikan 60 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se kabupaten Manggarai.

Tagarnews – Bupati Manggarai Herybertus Geradus Laju Nabit berharap agar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilantik bisa menjadi petugas yang menjamin netralitas, efektifitas dan berhasilnya pelaksanaan Pilkada 27 November 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Herybertus Nabit saat menghadiri pelantikan 60 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se kabupaten Manggarai untuk Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tahun 2024, bertempat di aula Efata Santu Aloisius Ruteng, Kamis 16/5/2024.

Bupati Herybertus Nabit mengatakan, pelantikan hari adalah akhir dari sebuah tahapan awal, dengan demikian ini juga akan menjadi awal dari tahapan berikutnya dalam pelaksanaan tugas. “Bapa dan ibu adalah orang yang paling mengetahui perkembangan seperti apa di lapangan, tetapi juga harus tetap mengakui adanya struktur dalam sebuah organisasi yang memiliki wewenang lebih dalam menerapkan aturan-aturan yang ada,” ujarnya.

Dikatakan, tugas dari penyelenggara tentu diantaranya menjamin berlangsungnya Pilkada dengan asas-asas Pemilu yang benar dan semua peserta Pemilu menginginkan adanya netralitas “Saya percaya Bapak dan ibu yang terpilih hari ini adalah orang-orang yang bisa menjaga kehormatannya, menjaga netralitas serta menjamin pemilu akan berjalan dengan, efektif, efisien dan berjalan baik,”ungkapnya.

Karena Pilkada kali ini lanjut Bupati akan dilakukan secara serentak, maka tugas kita semua, baik penyelenggara, partai politik, para calon, masyarakat maupun pemerintah yakni menjaga dan menjamin keamanan dan mengizinkan sehingga Pilkada dapat berlangsung dengan aman.

“Dalam situasi pilkada yang serentak ini, kita tidak berharap banyak bantuan pihak kemananan dari tempat lain, karena mereka juga mengamankan wilayah masing-masing. karena itu saya mohon perhatian kita semua agar mejaga situasi di tempat kita sendiri,”paparnya.

Bupati juga mengingatkan penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU untuk memperhatikan pendataan, agar dapat mengakomodir semua pemilih “Ini sangat penting agar bagi warga yang mempunyai hak memilih itu tidak hilang hak memilihnya. Kita belajar dari pemilih legi kali lalu bisa berjakb baik, itu karen senua hak pemilih dapat diakomodir semuanya,”harapnya

“Kami berharap mulai dari pendataan pemilih yang baik, kemudahan dan kemudahan proses berikutnya akan semakin lancar. Mari kita jaga bersama dari hal-hal kecil, saya percaya Bapak dan ibu sudah diseleksi dengan baik dan memberikan jaminan kepada kami pemerintah dan masyarakat bahwa PPK yang dilantik hari ini merupakan orang-orang terbaik,”pungkasnya.

Sementara Ketua KPUD Rikardus Jemmi Pentor, atas nama lembaga menyampaikan profisiat kepada seluruh PPK terpilih dan dilantik hari ini. Dikatakannya, dalam proses pelantikan berfokus pada mau membangun bersama sebuah ikhtiar, komitmen dan semangat yang sama dalam usaha menjalankan tugas dan wewenang menyukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024.

Pada kesempatan tersebut Ketua KPUD ini berpesan kepada para PPK yang dilantik, untuk terus meningkatkan wawasan tentang aturan-aturan, proses pelaksanaan tugas dan wewenang “Kita wajib membaca aturan, mulai dari aturan peraturanan-undangan maupun peraturan KPU,” katanya.

Selain itu juga Ketua KPUD meminta agar PPK terpilih meningkatkan sinergitas, koordinasi dan komunikasi di semua tingkatan mulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten. kemudian dengan unsur Forkopimda “sejak dilantik hari ini mari kita sama-sama bangun komunikasi dan kedepankan koordinasi dengan baik,”pintanya.

Pentor juga berpesan agar PPK bekerja sama dengan KPUD dalam membantu dan menjalankan tugas-tugas selama tahapan Pilkada 2024 ”Tentunya ada tugas lain seperti sosialisasi tahapan pilkada di wilayah kerja saudara-saudara,” paparnya.

Turut hadir dalam acara ini, Sekda Manggarai Drs.Jahang Fansi Aldus, Asisten Sekda, Kapolres Manggarai AKBP Edwin Saleh, Kasdim 1612 Walikota Inf. Topan Novianto, Komisioner Bawaslu, Komisioner KPUD, para Camat se-kabupaten Manggarai serta insan pers.

Pos terkait