Calon Bupati Manggarai Herybertus GL. Nabit Mendominasi Hasil Survei Elektabilitas Menjelang Pilkada Serentak 2024

Hasil Survei Elektabilitas Calon Bupati Manggarai Dari Voxpol Institute.

Manggarai, Tagarnews.com – Calon Bupati Manggarai Herybertus GL. Nabit unggul jauh dengan balon lainnya yang digadang-gadang akan bertarung pada Pilkada serentak 27 November mendatang.

Merilis hasil survei elektabilitas Calon Bupati Manggarai dengan periode pengambilan data 23 Mei – 02 Juni 2024 dari Voxpol Institute, dengan Metodologi Survei dan simulasi seandainya pemilihan bupati Manggarai dilaksanakan hari ini.

Di antara nama-nama berikut, siapa yang Bapak/Ibu/Saudara pilih? Dengan metode pemilihan bupati tertutup, hasilnya adalah:

Bacaan Lainnya

1.Herybertus GL. Nabit, SE, MA: 34,1%

2.Ir. Viktor Slamet, MM: 18,1%

3.Heribertus Ngabut, SH: 10,9%

4.Ir. Ngkeros Maksimus: 9,3%

5.dr. Ronald D. Susilo, MM, MARS: 9,1%

6.Ir. Ben Isidorus, MM: 4,1%

7.Thomas Dohu, S. HUT, M.Si: 4,1%

8.Martha Muslin, SH, MM: 2,5%

9.Yohanes Jalur, S.TP: 1,4%

10.Florianus Santosa Ngganggur: 0,7%

11.Edelbertus HR. Ganggut, ST, MM: 0,7%

12.Fransiskus Ramli, SH: 0,7%

13.Tidak Tahu tidak Jawab: 3,6%

Sementara pada simulasi dengan jumlah 9 nama calon yang diajukan, Hery Nabit masih yang teratas untuk elektabilitas. Adapun hasilnya yaitu:

1.Herybertus GL. Nabit, SE, MA: 35,7%

2.Ir. Viktor Slamet, MM: 20,2%

3.Heribertus Ngabut, SH: 11,8%

4.dr. Ronald D. Susilo, MM, MARS: 10,2%

5.Ir. Ben Isidorus, MM: 4,5%

6.Thomas Dohu, S. HUT, M.Si: 4,1%

7.Martha Muslin, SH, MM: 3%

8.Yohanes Halut, S.TP: 2%

9.Fransiskus Ramli, SH: 1,4%

10.Tidak Tahu tidak Jawab: 7%

Pada simulasi 9 nama, Herybertus Nabit masih menduduki posisi jawara dengan perolehan yang sangat signifikan yaitu 35,7%.

Untuk diketahui, survei ini melibatkan responden 440 orang, dengan margin error 4,67%. Dari hasil survei terlihat rentang angka yang begitu jauh antara petahanan Hery Nabit dengan calon yang lain.

Pada simulasi pertama, Heri Ngabut memperoleh 10,9%, Ngkeros Maksimus memperoleh 9,3%, dan dr. Ronald D. Susilo, MM, MARS memperoleh 9,1%. Dari hitungan matematis, ketiga kandidat ini belum aman, dan belum bisa mengklaim siapa yang kuat, terkecuali jaraknya lebih dari tiga persen.

Sisi lain yang perlu dilihat adalah balon Heri Ngabut, yang nota bene adalah seorang petahanan, namun jarak elektabilitasnya hanya terpaut satu persen lebih dengan balon dr. Ronal, sang pendatang baru. Begitu juga dengan balon Ngkeros Maksimus, hanya selisih tipis.

Sementara pada simulasi kedua, kembali keadaan berubah dari 9 balon yang digadang-gadang, elektabilitas dr. Ronal hampir kembali mengancam posisi petahana Heri Ngabut dari 9,1% naik menjadi 10,2%. Sementara Ngkeros Maksimus, namanya tidak masuk dalam survei.

Berikut Metodologi Survei:

– Durasi Survei

Diakukan selama 10 hari, dari tanggal 23 Met — 02 juni 2024

– Populasi Sampel

Populasi survei ini adalah seluruh WNI yang berdomisili di Kabupaten Manggarai dan mempunyai hak pilih( memiliki KTP), ketika survei ini dilakukan.

-Sebaran Sampel

Sampel berasal dari 12 kecamatan di kabupaten Manggarai yang terdistribusi secara proporsional berdasarkan besaran jumlah penduduk.

-Proporsi Sampel

Jumlah responden survei sebayak 440 orang dengan proporsi (50:50) laki-laki dan perempuan.

-Margin Eror

Pengambilan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan(margin of eror) sebesar +-4,67% pada tingkat kepercayaan 95%

-Survei Face to Face

Setiap responden terpilih dilakukan wawancara dengan metode tatap muka(face to face) oleh pewawancara yang sudah terlatih dengan menggunakan aplikasi berbasis android,i-voxpol

-Double Spotcheck

Mengkonfirmasi ulang 20% dari total sampel secara random dengan cara mendatangi dan mewawancarai kembali responden terpilih oleh Kordinator wilayah dan 10% oleh tim verifikator voxpol pusat dengan mewawancarai kembali responden melalui telepon untuk memastikan validasi data.

Pos terkait